Thursday, October 05, 2006

Pasar Klewer dan Coyudan

Akhirnya bisa juga upload foto2 selama perjalanan kami ke Solo, buat ceritanya yang komplit bisa dilihat juga di blognya Mbak Ine :
"Lima Sekawan beraksi di Solo"
"Liputan Pasar Klewer"
"Liputan jalan Coyudan".

Tulisan saya ini hanya berdasarkan ingetan dan foto yang ada, banyak yang terlupakan kayaknya maklum setelah kopdaran di Solo, masih banyak acara2 lainnya selama sebulan kedepannya, maklum kan cuti kami habis bari September 2, jadi memori yang udah sempit ini kayaknya rada2 ketutup ama banyak hal lain.
Jadi kayaknya kalau mau baca cerita yang fresh, seruan juga baca yang Ine punya, yang ditulis segera setelah kembali dari Solo.

Tapi memang perjalanan kali ini memang buat saya sangat berkesan, semua teman perjalanan kali ini teman maya yang gak pernah ketemu tapi sekali ketemu ramenya bahkan sampai dikira sobat2 lama.
Hebatnya MP bikin kita bagai sahabat lama, padahal ketemunya di dunia maya saja.
Bayangkan kali ini saya pergi dari rumah tanpa tiket, tanpa kenal sebelumnya siapa yang akan ditemui, dengan berbekal ingatan foto Ine di MP, saya turun dari mobil jalan menuju pintu cek ini di bandara Sukarno Hatta.
Suami juga cukup cemas dengan keadaan ini, gak biasanya saya atau kami pergi tanpa tau siapa teman perjalanan dan tanpa bawa tiket.
Ternyata memang Ine dan Riva sudah ada disitu, yang langsung sekali lihat gak salah lagi ini dia.....
Dari mobil suami langsung kasih tanda ama daku kalau mereka segera akan kembali ke rumah setelah lihat daku "rame" dengan teman2 barunya.
Langsung saja kami cek in karena memang sudah waktunya untuk cek ini, selama cek ini sampai beres kita ngobrol gak habis2nya, kayak teman yang udah lama banget gag ketemu, dan sampai keruang tunggu boarding kita bener2 asyik ngobrol tapi saya masih sempet bilang kalau kayaknya ntar dipesawat saya duduk disebelah luar aja ya karena saya mau tidur dulu, semalam saya laat sekali tidurnya.

Tapi apa yang terjadi, karena ngobrol juga seru banget didalam pesawat, akhirnya nimbrung juga ngobrol deh, dan gak jadi juga tidur.
Setelah penerbangan 1 jam kami tiba di Solo, ternyata sudah dijemput oleh driver dari mobil yang kita sewa.
Langsung kami dibawa ke penginapan dimana sudah menunggu Haley dan Jo.
Kota Solo yang saya lihat sekarang tetap sama dengan kota Solo jaman entah kapan, sudah lama banget, tetep kuno tapi asri, ayem tentrem deh lihatnya.
Jalan2nya besar tapi gak banyak kendaraan yang lewat, kesannya rada sepi, entah mungkin karena jamnya belum jam rame kayaknya.
Beres cek ini, kita sempat refreshing dulu dan muali rembugan akan kemana jadwal kita hari ini.
Selanjutnya bisa dilihat dari foto2 dibawah ini yang dibagi dalam beberapa kali album.

Kalau gak ada halangan bulan February 2007 saya akan jalan lagi dengan mbak Ine, dan kawan2 yang mau gabung silahkan dipas kan hari2nya dengan kami. Kali nanti kami akan ke Semarang....
Hayuk syapa mau gabung ?


Pasar Klewer tujuan kami pertama pagi ini, bikin mata melotot lihat yang jualan makanan tapi ternyata kita masuk terus kedalam ketempat batik dulu.
Yang doyan daster batik langsung borong, saya tadinya ogah2an abis kurang hobby ama daster batik gara2 jaman kuliah dulu.
Ceritanya jaman kuliah dulu pernah study tour ke Yogya, pada borong batik lalu kita bikin foto pake batik dikamar hotel ber4 berfoto ria.
Waktu fotone jadi kan dipajang di dinding kampus, eh entah gimana ada yang jahil nulis dibawah foto kami itu apa coba ? "Wanita2 dari lokalisasi...."
Dah habis itu aku ndak mau bener2an kapok pake daster batik.....sampai detik ini, biar kata teman2 adem kek , enak kek... gag bisa ngilangin sakit hatiku waktu kejadian itu dikampus.
Makanya aku termasuk pemerhati aja waktu pada borong batik, tapi akhirnya beli juga buat Naha, istrinya ajudanku dan mami juga adikku dan istri adikku.

Yak Riva dipilih dipilih.... coba sana dan sini...., harganya emang murah banget seh.
Sayang juga kalau ndak dibeli walau hanya buat oleh2.

Banyak juga akhirnya kita beli nih daster, aku juga beli 5 atau 6 buah untuk oleh2, dan gak bakal deh daku beli buat sendiri, masih sakit hati.....

Lorong dalam pasar Klewer, dan beberapa profil penjual gendongan , tapi entah apa yang digendong.... khas bener deh wajah2 ibu2 ini, dengan mata cekung.

Lorong lainnya, masih batik juga, ini iseng aja sambil nunggu teman2 nawar ini itu....

Yang jual jajanan , ini apa ya ? kayak ayam goreng ?

Kerupuk kulitnya ceker.....

Aneka brem dan ting ting kacang yang tipis.

Kripik belut ( hijjjj agak serem) dan ampyang kacang. Jajanan jadul yang aku kebetulan gag doyan.

Ini yang bikin aku terpesona, bukan rujaknya tapi intip alias kerak nasi goreng...
Kok ginian dijual dan dibuat kemasan yang bagus lagi, blum pernah saya lihat or makan.

Kripik paru, nah ini baru favoriteku.... mau beli tapi katanya ada toko yang jual nih kripik enak..jadi nya gak jadi deh beli.

Tapi intipnya kudu dibeli, yang manis dan yang asin....

Mbak Ine beli ampyang, rupanya doyan banget, dari tadi lihat ngemil ampyang mulu....
Juga snack lainnya dijual disini.

Gile ampyangnya banyak amir.... juga kue kering ciput kalau aku bilang sih, gak tau diSolo namanya apa.....

Nah ini toko Varia, dengan stoples antiknya.
Disini beli segala macam oleh2 dari bagelen, kripik paru, klengkam/kentang pedes, serundeng dan abon sapi dan ayam, enak emang abonnya, juga petis sapi. Sampai sekarang belum dicoba, rada2 takut....he he he....
Aku karena borongnya ampe satu dus besar jadi yang gag ikutan borong nunggu diluar eh jajan gempol, kayaknya kalau dilihat sepintas kayak kolak deh...

Nah ini gempolnya, dan kuahnya pake es gitu, mirip kolak encer kan ?

Nah ada yang bentuknya lain, namanya ada sendiri tapi aku lupa apa, ntar tanya lagi ah.
Aku cuman bisa lihat aja, sirik berat, abisnya lupa bawa alat perang sendiri....
Lain kali gak boleh lupa biar bisa makan macam2.
Rada parno sih makan jajanan gini terutama kalau ndak panas, itu utensilnya kan biasanya nyucinya cuman dicelup aja.... gag brani ambil resiko ah....
Nah ini dua macam gempol itu, yang putih katanya asin gurih dan yang coklat rada manis.

Serabi solo yang pake pisang, kayaknya enakan yang ini deh daripada yang pake areh atasnya, terlalu eneg....
Lain kali mo beli yang pake pisang aja ah atasnya.....

Asyik kan lihatnya tapi tetep masih tahan diri buat gag beli, perjalanan masih panjang soale...

Unik kan ? mau dibeli aja buat buktiken tapi kok masa segala dibeli seh.....

Gile buah2an nya asyik punya, Riva yang lagi nyidam ngga bisa tahan bangbet lihat buah ranum2 gini mana murah kalau dibanding dengan harga Jakarta apalagi dengan di AD...
walah diSOLO sih bisa dapet 10 kg deh....

Back to : MUDIK 2006

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home