Thursday, October 05, 2006

Bontang dan jajanannya ( part 2 )

Jajanan kali ini di komplex PT Badak.
Sebetulnya ada dua tempat buat jajan tapi anehnya kok kami lupa mampir ketempat satunya lagi, kayaknya udah penuh aja acara selama disana soalnya.
Yang sempet malah datang ke warunga Susi, ini warung kecil tapi komplit banget deh, dan dulu langganan saya buat belanja bulanan, biar kata warung tapi harganya bersaing banget jadi lumayan belanja disini sekalian ngobrol2 sama Susinya. Kami kenal ama Susi udah lama, dari dia masih penganten baru yang kemudian suaminya meninggal karena ginjal beberapa tahun kemudian, sampai sekarang Susi masih sendiri. Kasihan.
Jajanan yang kita kunjungi letaknya di HOP 4, yang cuman jualan malam hari aja. Memang sebenernya gak banyak yang jualan disini tapi Satenya lumayan tob enak dan biasa dipesan kalau ada pesta2 di Bontang, tusukannya besar2 banget, rasanya juga sedep deh.Es campurnya juga lumayan ( gak beli karena males makan dingin2) tapi kalau musim panas laku banget apalagi deket waktu buka puasa walah ampe ngantri panjang banget.
Tapi yang paling favourite ya sebetulnya nasi gorengnya, betul2 favoritenya Bamby, malah kata Bamby gak ada duanya nasgor nya si mbak ini.Tapi sedihnya ketika kami datang , si mbaknya ini sudah meninggal karena ginjal yang menyerangnya selama 2 bulan, dan baru aja meninggal 4 bulan yang lalu.
Kami terakhir makan nasgornya tahun lalu Agutus 2005, ketika kami mengembalikan rumah dinas pada PT Badak. Sekarang yang jualan ponakannya, walaupun resepnya sama tapi rasanya beda banget, tangan si mbak alm, memang lain , dan Bamby bukan main sedihnya ketika mendengar ini


Susi yang selalu cerah ceria. Jarang banget deh lihat dia tuh cemberut, beda banget ama kakaknya yang jualan dikota Bontang, walah kalau itu sih bedaaa banget dan zakelijk abissss....., biar ama langganan juga.
Makanya enakan belanja disini, kalau kepepet baru ketoko kakaknya walau lebih besar tokonya tapi warung umpel gini lebih akrab rasanya.

Barang jualannya Susi, lumayan serba sedikit tapi mayan komplit. Harganya juga mayan murah dibanding toko lainnya.
Ada lagi satu toko kecil di sebelah lain di kota Bontang, miliknya ex pensiunan PT Badak, tokonya cukup komplit, tapi harganya mayan mahal, dan penjualnya gak ada ramah2nya samsek. Tapi kalau kepepet alternatif terakhir ya toko tsb, sambil bilang tuh yang jual cumi banget.....

Kalau Andi nih yang bantuin Susi rada2 jutek, gak ramah kayak dulu Joko, tapi sekarang Joko udah married jadi gak bantu2 lagi disini. Lorong ini sering banget saya masukin, karena jualan mie kering dan terigu dan bahan2 kue....
Kalau udah musim puasa masuk lorong ini kayaknya tiap hari...

Biarpun yang jualan sepi aja, tapi si bapak sate nih tetep jualan dan laku, selalu paling cepat habis jualannya. Enak tusukannya gede2.
Bumbunya aja yang agak encer tapi tetap kombinasi semuanya tuh masih paling enak di Bontang.
Ada sate langganan kami namanya Sate Melati, enak juga tapi karena lokasinya agak jauh dari tempat kami tinggal jadi ya paling sering kesini, mana sate melati itu jam 6 sore abis. Sate dan Gule kambingnya buat yang suka juga konon paling enak diBontang.

Biasanya tempat jajan ini rame kalau week end atau hari libur, yang jualan juga banyak ragamnya, sekarang yang jualan hanya bakul nasgor, pempek, es campur dan sate aja.
Rasanya ada`juga yang jual ayam bakar, lalu pernah ada martabak tapi kayaknya gak gitu laku entah kenapa jadi gak jualan lagi disini, tapi ada juga penjual gorengan yang lumayan enak, biasanya rajin jualan eh malam ini gak ada.


Sibapak ini memang dari dulu bagian bakar satenya, ibunya yang bungkus dan ngasih bumbu, pernah digantiin anaknya bakar satenya, walah gosongnya bukan main, jadi males belinya, serem kan gosong2 gitu. Kalau beli sate juga selalu pesen gak mau yang gosong2 asal matang udah, dan sampai dirumah biasanya di microwave lagi sejenak, biat mateng betul. Kali ini beli sate 10 aja buat saya aja, Bamby gak gitu demen sate kalau ada lidinya , mau yang stckless, dasar males.


Nah ini jongko alm si mbak nasgor, sekarang yang jualan ya ponakannya sama suaminya. Tapi suaminya spesialis tahu tek bukan nas gor, dan jualan minumannya.
Sedih banget deh waktu kami ngobrol ama suaminya, karena memang si mbak ini orang yang gak banyak ngeluh jadi gak ketahuan kalau penyakitnya udah lama diidapnya.
Selamat jalan ya mbak, semoga sekarang bahagia dialam sana, kami selalu mengenang mbak, merindukan olahan nasgornya mbak.....

Yang ini jualan es campur ngawur kalau saya bilang, abisnya isine juga macam2 gak jelas pakemnya, asal campur aja, tapi ya daripada gak ada ya laku juga asal emang rasanya mayan...

Isi es campurnya : kacang ijo, kacang merah, nangka, cincau, pacar cina, tape peuyeum , tape ketan hitam, kolang kaling, kelaopa muda dan kalau musim dikasih alpukat.
Toppingnya sirup merah rasa duren, lalu dikasih santan dan dikucurin dikit susu kental manis biasa dan kental manis coklat.
Kan ngawur ? bener2 es campur baur...tapi pada suka tuuuhhhh....
Baru kalau pesen es kelapanya sirup merah rasa vanilli.
Kalau saya pesan es campur ini, ritualnya panjang, bawa tempat sendiri, lalu didepan tuh mbak aku lihatin, gak mau nangka, gak mau sirop, gak mau es batunya....
Nangka gak suka, siropnya bau duren gak suka yang vanillie rada pahit mending pake sirop rozen sendiri dirumah, esnya juga kuatir dari air mentah. Halah...
Makanya kali ini gak beli aja ah.... dulu iya sesekali suka pengen tapi kalau favorite yang cendol jutek itu lebih enak.


*Catatan pinggir*

Jajanan di Bontang itu banyak ragamnya hanya banyak yang kalau dibandingkan dengan umumnya di Jakarta atau Bandung, agak keluar dari pakemnya.
Para pendatang yang umumnya berjualan dan entah kenapa kok yang dibawa itu bukan pakem yang sesungguhnya.
Dan selera pembelinya juga anehnya bisa adaptasi banyak dengan apa yang ditawarkan walau kebanyakan rasanya aneh kalau dibandingkan dengan jajanan kita diJakarta atau Bandung. Atau karena juga lokasi nun jauh disana menjadikan taste itu menjadi berubah jauh ? (rasanya hanya segelintir orang saja yang masih berkiblat pada taste kota besar di Indonesia)
Tapi biarpun aneh, tapi juga laku keras.

- Saos tomat maniac.
Penjual nasi goreng , mie goreng dan capcay disana rata2 menggunakan saos tomat murah untuk mewarnai ketiga jenis masakan tsb.
Jadi jangan kaget banyak banget yang jual cap cay kuahnya merah, jadi mirip sayuran asam manis.
Nasi goreng dan mie goreng kalau gak allert bisa tampil sama dimeje, merah semua, mana saos tomatnya bukan asli, tapi yang isinya campuran pepeya dan pewarna. Kalau gak pesen bener2 pesen pasti deh dikasih saos tomat. Kadang saking otomatisnya yang masak biar pesen tanpa saos tomat tetep aja datangnya merah....
Bahkan ayam untuk nasi gorengpun ada juga yang dimasak dengan penambahan saos tomat.
Tapi herannya jarang yang komen soale ini, aceptable aja.

- Rumput laut tiruan.
Es cendol yang sangat laku tuh bilang nya es cendolnya pake rumput laut opadahal kalau dilihat dia bikin agar2 diwarnain coklat entah dia beli agar2 coklat atau diwarnain sendiri gak jelas. Lalu dipotong2 memanjang dan dicampurkan dengan es cendolnya.
Gak ada yang pernah membahas soal ini, semua telen aja....dan sangat laris

- Es Campur ( yang Baur)
Yang jualan es campur di mana2 semua gak jelas pakemnya tapi mengaku dari daerah masing2, ada yang dari menado ada yang entah dari mana, tapi hasil akhirnya semua pake santan dan susu kental manis dan sirup merah...
isinya apa aja yang ada dibenak penjualnya.
Kadang matching gak matching campur aja....dan laku aja.
Gak pernah ada yang mencoba untuk bikin sesuai pakem, seperti es shanghay, es teler, es sekotengnya Bandung. Bukan es campur baur yang gak jelas.

- Mie Baso
Sejak 17 tahun lalu yang namanya mie baso itu unik, cuma ada mie baso, itupun super ngawur kalau dibayangan kita adalah mie basonya margonda atau gajah mada ataupun si gerobak yang ada di pasar Cikini.
Selalu kita dikasih baso dengan mie yang super kaku dicampur dengan sohun murah.
Basonya sih oke, tapi mienya tuh bener2 mie pasar yang gak ada enak2nya dan bukannya dibumbu tapi kayaknya cuman diseduh bentar angkat.
Begitu ada yang mau beli di mangkok dikasih mie, sohun kasih bawang gr dan seledri gak lupa vetsin dan garam kadang kala malah kecap manis dan saos tomat murah(wadouw....), baru disiram kuah baso dan diberi baso....
Dan laku keras....
Kalau dalam bayangan kita akan datang mie yang homemade dengan baso....bakalan kecewa berat deh....
Kiranya model ini dibawa dari Jawa Tengah kayak baso Solo gitu, yang dimakan bukan mie dan baso tapi fokus ke basonya dan mienya sekedar basa basi aja, jadilah dipake mie yang super kaku tapi gak tau kenapa dishare ama sohun.
Kalau kita mesen mie pangsit baru mienya diberi bumbu dan mie yang homemade bukan yang kaku.

- Mie Ayam
Belakangan mulai ada yang jual namanya mie pangsit, bukan mie ayam.
Mienya homemade gak sekaku mienya mie baso, tapi tetep aja belum ada yang enak, rasa mienya itu ampun2an deh kebanyakan tepung doang, juga bumbu mienya gak nyamleng samsek.
Dinamakan mie pangsit karena gak pake baso, padahal ada ayamnya tapi jarang disebut mie ayam, dan pangsitnya hanya berupa kerupuk bahan mienya itu digoreng.
Baru belakangan ada yang berani kasih nama mie ayam, mie pangsit, mie ayam dengan baso bukan mie baso , karena mie baso itu ya kembali isinya seperti yang diatas....
Jangan pesen Yamien, gak bakal ada, juga taburan ayam untuk mienya rata2 super manis.

Ada juga yang jualan mie pangsit ini, pangsitnya diisi, dengan baso 1/2 butir, ide bagus juga meski bukan itu pakem nya. Mienya pake mie kering aja yang diseduh dan dibumbuin bukan mie basah homemade seperti layaknya mie ayam.
Lalu dengan taburan ayamnya yang penuh dengan minyak dan manisnya ujubilah deh, lebih mirip semur ayam daripada taburan mie.
Kuahnya, bener2 butek tek, mirip kalau kita nganget kaldu ayam yang hampir basi kan jadi butek putih susu gitu....
Tapinya, ada tapinya nih, mie ayam ini sangat laku luar biasa, bahkan pesta kawinan pun pesen mie ini, arisan2 juga buat alternatif mie ini, semua bener2 kagum dan suka dengan mie ayam pangsit model ini hingga sekarang.
Pernah ada yang meniru bikin dengan pakem mirip mie Margonda, mie home made, kuah yang bening mirip diJakarta, taburan mienya juga gak berminyak dan manisnya masih tolerable, judule dibilang kurang enak...dan kurang manis dan kaldu kurang pekat....wadaouw...namanya selera sih tapi kok bisa rata2 sama seleranya ?

Malah pertama kali di luncurkan tahun 85, diarisan ibu2 kepala bagian dan atasannya, adalah mie home made yang lemes dan gurih berbumbu, yang terjadi adalah ibu2nya heran : "kok mie baso nya mienya agak benyek, gak kejel, apa digoreng ya ?"
hah digoreng ? ini adalah mienya mie yamien asin, ya memang gak kejel kayak mie murah dipasar yang kaku bukan main.
Herannya pada gak tau ? lha selama ini dimana sih tinggalnya ? kalau cuti tuh kemana aja sih ? (padahal ibu2 eksekutif lho....)
Karena biasanya mie baso yang disediakan dirumah2 juga asal aja beli mie yang super kaku, tambah sohun lalu disediakan kuah baso dengan basonya...

- 99% gaptek internet (di tahun 2004)
Mudah2an ditahun2 sekarang ibu2nya lebih gak gaptek lagi, dibahas karena banyak lho ibu2nya yang sarjana.... jadi teknologi harusnya sudah biasa dipakai.
Kesibukan aslinya hanya senam, arisan, kristal dan guci antik dan membicarakan barang busana dan perlengkapannya yang mahal dan bermerek....
Kalau hal terakhir ini bener2 kebanyakan jadi pakarnya....(kalau gossip mah gak usah dibahas itu milik segala umat, jadi rataaa aja)
Jangan tanya tentang hal perang Irak sudah berapa lama, atau perang lebanon kapan mulainya....
bisa kaget denger jawabannya ntar... ( gak perlu dirinci)

- Perselingkuhan , perceraian dan poligami.
Rasanya yang terbesar prosentasenya bila dibandingkan dengan tempat lain.
2 dari sahabat Bamby, orang tuanya berpoligami, yang membuat Bamby schok setengah mati dengernya, sampai bermalam malam dia gak bisa tidur.
Banyak juga yang memasuki usia pensiun, ujungnya menikah lagi dengan wanita seumur anaknya, yang ngambil pensiun dini, dipakai untuk menikah lagi. Yang disekolahkan keluar kota setahun, pulang2 bawa oleh2 istri baru...
Dan yang menikah dengan wanita diBontang yang tinggal diluar komplex bukan sedikit...
Yang berselingkuh, bukan hanya bapak2nya tapi juga ibu2nya, kadang selingkuhnya antar komplex, bayangkan rusaknya...
Ketika sang bapak berangkat kerja, anak sekolah maka sang ibu pun "ngantor."
Gejala apa ini ? Metropolitan kah ?
Kota kecil , remote area tapi begitu banyak perselingkuhan, poligami dan perceraian....heran juga padahal ditempat ini agamanya sangat ketat, ceramah agama baik yang muslim atau non muslim bener2 sering diadakan. Bukannya jauh dari acara ritual keagamaan tapi anehnya kok bisa terjadi, bener2 hiperbolik.
Sayang sekali citra sebuah komumiti yang kurang menyenangkan jadinya.

Back to : MUDIK 2006

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home