Thursday, October 05, 2006

Pasar Rawa Indah ( bagian sayur dan lainnya)

Masih di Bontang tapi bagian lain dari pasar ini, menarik buat kenang2an bahwa pasar yang hampir tiap hari dikunjungi itu ternyata besar juga....
Masih inget waktu pasar Lengkol masih ada dan akan dipindahkan kemari, waduh susahnya pedagang itu dipindahkan, yang ada ngomel aja panjang pendek, yang sepilah yang gak laku dsb2... tapi ternyata sejalan dengan waktu pasar ini jadi pasar yang terbesar semua pusat jualan disini.
Kalau kasih komen tentang liputan pasar biasa bisa panjang banget, makanya album mudik ini gak kelar2, mudiknya agustus eh kelarnya hampir akhir tahun, tobat.

Warung ini udah lama ada, yang jualan aku kenal dari jaman pasar ,asih sepi, malah sebelum dipindahkan kepasar ini saya udah kenal. Dari jualannya dikit sampe sekarang udah macam grosir aja bagi sebagian kulak dan rumah makan.
Cara jualannya juga fair, gag nipu dan harga nya juga mayan murah.
Saya langganan bumbu rendang, gulai dan ketumbar halus dengen Uni Aan ini, dan bumbu dia neh pernah saya bawa ke Belanda untuk oleh2 teman, dan sekarang dibawa ke AD. Setiap saya mudik selalu pesan dan minta dikirimkan ke Jakarta oleh asistenku. Sekarang aja aku borong agak banyak karena rencananya ada teman yang mau bawa ke amrik, tapi sayang si teman nih rada labil emosinya, entah kena angin apa tiba2 membatalkan pesanannya, padahal udah keburu dipesankan...
Ya sud, pokoke bukan aku yang bikin masalah, ego kelewat gede ya gitu ujungnya, semua orang salah dimatanya....*lho kok jadi ngerumpi*

Nah sekarang ini radasepi karena jam 10 pagi, coba dari subuh walah bakalan gag bisa bergerak didepan warung kecil ini, dan enaknya kalau pesan ama dia semua dicatat, ditulis harganya, ntar kalau sampai rumah kita bisa cek, kalau salah harga atau totalan kita bisa protes.... bagusnya itu.
Tapi jarang seh salah...
Uda Aan ama Uni neh emang saya puji bener, jualannya ulet banget. Dan akhirnya emang sukses sekarang, langganan bumbu Padangnya bener2 emang oke juga emang pesanan tetapnya warung Padang di Bontang.

Nah kalau ini tukang kelapa langgananku, dari mulai anaknya doi satu sampai tuh anak sekarang kalau gak salah SMA.
Sempet dapet program beasiswa proyeknya JoAnn, waktu anaknya SMP kalau gak salah setahun.
Lama juga kami langganan ama dia rasanya hampir 10 tahun....

Warung disalah satu lorong, jualan bumbu dapur baik yang masih belum halus dan yang sudah halus. Juga krupuk bermacam macam.

Sisi kiri neh warung juga sama jualan macam2 sampe tusuk sate seiket gede gitu, tapi bahannya bukan dari lidi tapi dari bambu.

Yang jualan baju dan tas juga ada dipasar ini, kalau diperhatikan modis juga jualannya walau emang mutu mah gag usah dibahas.
Ujung lorong ini malah tempatnya jualan sayur yang untuk grosir, banyak banget, satu gedung tersendiri.
Tapi kali ini gak deh mampir situ, karena selain tetep masih penuh yang blanja biar udah siang juga, agak jauh sih, Lusi kayaknya nungguin tuh di mobil.
hanya kalau jaman catering dulu, datang kepasar sayur yang dibelakang ini worthed sekali, beda banget dengan harga sayur didepan.
kadang yang jual didepan ini juga ngambilnya dari sana. Heboh kok dipasar sini, kadang cuman beda beberapa langkah aja udah beda lagi harganya.

Tukang plastik, baik jualan kantong kresek atau kantong plastik lainnya, juga kemasan plastik, bener2 laku disini. Dipasar ini ada beberapa tempat yang jualan plastik ini, dan disini saya sering beli, sayang belakangan agak kurang komplit jadilah saya pindah belinya ketempat lain.

Beras ketan hitam, ketan putih, juga kacang2an disini lumayan mutunya, hanya ada satu jenis kacang yang kayak kerikil banyak dijual tapi sampai saya pindah gag pernah inget untuk tanya nama kacang apa itu juga buat apa..., sayang sekali.

Yang jualan telor emang banyak tapi yang bener2 fresh itu yang perlu dicari, susah banget disini cari telor yang bener masih fresh, yang putih telornya masih kental bener, biasanya udah mulai encer putih telurnya, tanda udah lama diproduksi.
Biasanya kalau akan lebaran atau Natalan biasanya agak mudah dapet telur karena perputaran telur kan tinggi, kalau hari biasa bener2 mesti cermat nyarinya.
Beras juga dijual disini plus kacang tanah. Kacang tanah disini mayan banyak karena kebunnya lokal aja juga banyak, tanah Sulawesi dan Kaltim cukup bagus buat kacang tanah sebetulnya tapi tetep aja yang mahal dan banyak dicari kacang tanah dari Jawa...

Tempat ini perlu dikunjungi, yang jual cetakan2 plastik bentuk lucu2 dan murah meriah, tapi macamnya lumayan banyak buat ukuran udik lho...

Barang2 plastik juga mayan bentuk2nya sih hanya mutunya emang mesti cermat aja milihnya.

Lihat deh cobeknya mulus banget, hanya kadang kudu bener2 lihat dengan cermat mulus ditatahnya sebagai cobek atau ada disemen? kadang biar kelihatan mulus suka disemen, nah kalau dipake buat ngalusin sambel apanya gag makan semen kitanya ?

Sayuran di kios2 depan ini yang tadi saya bilang lebih mahal dari pada di grosir tentunya hanya kalau beli untuk makan sendiri kan ya gak terlalu ngaruh beli disini ama effortnya harus pergi kebelakang dan berdesakan. Untung disini copet gag terlalu parah, hampir jarang kasus copet sih yang ada keranjang belanjaan disamber orang itu beberapa kali terjadi.

Sayuran lainnya yang seger2 gini buat yang "interlokal dari gurun" cukup bikin laper mata dan pengen beli semua rasanya, hanya mau masak dimana....
Kangen juga rasanya hati ini belanja sekarung buat masak2 kayak jaman catering dulu.

Sebelah daun sawi ijo, kan ada daun kacang panjang, wah inget bobor daun kacang panjang, udah lama banget gag makan itu, atau urap...
Terakhir makan kayaknya bisa2 tahun 2004 awal deh, selama tinggal disini jarang juga sih memang makan daun kacang, suka rada gak enak ke maag soale...
Itu jantung pisang kalau dipecel kan enak.... juga kali udah beberapa tahun saya gag buat, kebetulan jantung pisang mah ada diAD.

Tempe dan kue kok ya dijejerin.... kan kuenya jadi gampang basi karena efek angetnya tempe. Tapi masa iya komen sih ntar dikira comel bin bawel tapi sebenernya kasihan juga kagak ngerti. Kadang suka ragu2 deh, kalau lihat yang gini, apa dikasih tau apa didiemin. Jualan tempe dan tahu juga kue2 kelas pasar dimeja ini.
Tahu di Bontang tuh baru akhir2 ini bagus gag kecut dan bau, pertama2 dulu yang namanya tahu udah jarang yang bikin juga ampun rasanya, kalau tempe sih dari dulu hampir mirip2 aja rasanya.
Sekarang2 ini tahu udah hampir rata2 rasanya sama, meski belum seenak tahu di Jawa tapi mayan banget.
Kalau jaman dulu yang enak tahunya namanya Dharmaji, beken banget, lha kok kelakuan dirinya setelah beken mengerikan, bininya juga dandanannya makin lama makin menor...he he he
Tapi sekarang tahu dan tempe buatannya meski masih lagi gag lagi jadi primadona.

Yang jualan pukis, kata teman2 sih mayan rasanya, murah meriah banget dan pukis disini nih doyanannya Naha, kalau kepasar mesti beli nih kue buat sarapannya, apalagi waktu hamil kan laper mulu. Si mas neh difoto ampe gosong bakar pukisnya saking gugupnya. he he he

Meja sebelah yang jualan pukis neh yang jualan jajanan pasar ala Bontang, ya jajanan jawa plus jajanan lokal, tapi lokal sini mah banyak pengaruh banjar dan bugis, kayak buras dan bingkanya.

Lorong tengah tadinya gag mau difoto tapi si ibu neh sirik bin pengen juga difoto, ya wis, tak foto aja ama jualannya....
Kiranya foto ini bakal masuk koran.

Mbok Jamu jangan salah kalau nyampe Bontang juga, dan langganan jamunya juga banyak.
Dulu ada langganan kami ngirim beras kencur buat si papa, tapi lama2 kok rasanya gag seenak awalnya jadi brenti deh, kalau saya gag kuat minum jamu, bisa diare berat. sayang sekali ya ?

Ternyata si pak kelapa tadi ikutan mejeng lagi dengan tukang2 ojek di pasar ini.
Inilah sebagian profil tukang ojeknya.

bawang merah .... waduh besar2 dan seger, jadi pengen bikin bawang goreng yang lebar2 deh.

sere yang baru dipanen, belum disiangi, tapi sering2 dijual gini aja, dan belinya di kilo.

cabe merah dan ijo, beneran ngiler kalau sekarang lihatnya, kadang disini agak sulit dapetin cabe ijo yang kayak gini, kalau cabe merah sih agak banyak kecuali kalau summer sulit deh dapet cabe.

Labu siemnya juga bagus banget, tapi jangan salah beberapa kali sering juga Bontang kosong labu siem, karena masih impor dari Jawa/Surabaya. Aneh juga kok belum ada petani yang tanam sendiri di Bontang.

Kalau bumbu dapur disini mah banyak dan mayan murah sepanjang ditanam disini, kalau udah mulai datang dari jawa udah deh mahal, kayak kol mahal banget disini.

Ini langganan daku, tukang giling bumbu, dulu kalau bikin bumbu dasar kan ukurannya kiloan, jadi kalau digiling pake magimixku kan sayang banget, makanya mending ngupahin aja dan terima halus tinggal di tumis dirumah dan di frozen. Mana ongkosnya cuman 1000 per kg...tapi itu tahun 2004 pertengahan entah sekarang dengan bensin naik gini banyak.

Abu gosok neh beneran jadul banget sebelum ada pembersih kayak model Viem, tapi masih banyak yang pake. mayan sih murah meriah dan cukup bersih untuk nyuci hitam2nya panci.

Daun pisangggggg, aduh ini barang langka disini ( di AD), kalaupun ada mahalnya mayan deh, kalau mau bikin makanan ataupun kue yang dibungkus banyak2 ama daun pisang rasanya kok sayang banget, mubazir duit.... (pelit atau irit ?)

Kalau gag ada meja jualannya ya gelar aja, tuh ada pisang muli yang manisnya bukan main satu tandan lagi, murah banget apling harganya gak nyampe 5000 aja.

Si ibu ini judule juga pengen difoto, agak narcis juga , jualannya jeruk manis , kalau jeruk manis disini rasanya yang kadang rasanya hampir manis dan hampir kecut, gag jelas, tapi kalau diperes mah lumayan aja kan dicampur gula dikit. jarang ada jeruk yang sip banget tapi emang disini tempatnya orang nanam jeruk, banyak hasil lokal aja jeruk dan subur.

Ini yang jualan plastik lengkap juga , dari palstik kecil ampe besar ampe kresek dari mini ampe maxi, tapi gak jual kemasan sekomplit yang didalam.

Singkong juga di AD banyak, gendut2 malah tapi singkong disini kalau saya bilang susah juga nyari yang gembur, kebanyakan kayak karet rasanya , jadi saya jarang banget beli singkong selama diBontang, malah sekarang sering beli singkong....
Biasa kalau udah jauh dari tanah air malah makanan yang gag kebayang dulu dimakan ya jadi dimakan jug, meski tetep aja gag gitu demen sih, cuman suka jadi kangen, kalau dulu boro2 kangen. Itulah manusia, yang gag ada sering dicari.


Back to : MUDIK 2006

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home