Thursday, October 05, 2006

Pasar Jongkok HOP 6 - PT Badak

Pasar Kaget "banget", soale cuman ada dari jam 7.30 pagi sampai jam 10.30 aja. Jualannya juga dihalaman rumah dan di pinggir jalan saja.
Tadinya pasar ini menempati sebuah lapangan kecil, entah kenapa kok digusur sana , digusur sini, aneh2 aja deh. Malah sekarang "legal" digelar di 3 halaman rumah ( tadinya malah 4 rumah) di HOP 6 dalam komplex PT Badak.

Herannya kok beberapa tahun gini aja gak ada perhatian dari PT Badaknya, padahal lahan tempat mereka jualan tuh banyak aja kalau memang niat dibuat. Kenapa harus diadakan ? Karena pasar jongkok ini betul2 istimewa, bagi yang males ke Pasar Rawa Indah perginya kesini, dan...banyak ibu2 management yang juga belanja kesini. Herannya kok bisa gak punya empati ya liyat keadan yang kayak gini, usul kek ama suaminya, lha mereka juga doyan belanja kesini.

Biasa deh kalau udah punya jabatan, jarang bisa berempati dengan yang ada dilapisan banyak, ini salah satu contohnya.
Dipasar ini biasanya sering juga jadi ajang silahturahmi ibu2, ngobrol2 sana sini, juga ajang ngerumpi pastine, karena memang gak seramai pasar betulan, akrab banget pasar ini.
Ramainya biasanya pada saat wiken, hari biasa ya kayak gini suasananya, terutama hari ini udah jam 9, sebagian dagangan udah mulai habis.
Rata rata pedagang sayur disini pada punya kebun sendiri, hasil kebun mereka yang dijual.

Mulai dari pasar bawah, nah ini dagangannya mbak Tun, orang Madura yang lucu, dagangannya gak terlalu banyak langganannya tapi tetep aja habis tiap siang.

Kalau mbak Mar ini, langganannya banyak terutama yang pesen lewat HP, pinter dia, dimodalin HP, banyaklah ibu2 malamnya telepon lalu pagi diambil pesanannya. Kadang malah suami atau anaknya nganter kerumah, dengan tambahan biaya ojeg.

Pasar Tengah, barisan ibu2 ini, mereka rukun2 aja, sama2 jualan sejak awal pasar ini ada, mbak Sum paling ujung, mbak Kar yang suka bikin tempe daun, dan mak Dani, yang jualan seadanya aja tapi laku juga tuh...

yang jualan terpisah ini mbak Ratna, yang jualannya sih agak mahal tapi barangnya pilihan juga rada jutek, dan dia neh musuhan ama mbak Mar dibawah tadi padahal tadinya jualan sampingan sekarang jauhan, biasa kalau ndak saingan pembeli ya saingan macam2 deh....
ampun, tapi jadi mikir2 juga kalau belanja ama nih orang, mulutnya kalau ngatain ibu2 seenaknya aja. Pasti aku juga kena diomongin cuman kagak denger aja.
Nah kebetulan lagi mampir disini ada ibu2 lagi ngobrol, biasalah ibu2 kalau udah sepi pasar datang kesini selain belanja ya ngobrol awalnya lama2 ya ngerumpi di pasar deh...
Makanya banyak info terdengar disini, seperti kapan naik gaji, kapan bonus atau siapa yang selingkuh kali ini..... hah gawat.... (jangan lupa disini banyak banget yang selingkuh, nyata).
Jadi inget si ibu yang baju biru itu waktu ketemu saya bilang : ah aku mau main ke AD ah minta bayarin ponakan yang kerja disana....
(walah bu emang dianggapnya AD tuh Cikampek apa ya ?, kan kasian ponakannya yang kerja jadi nurse disini, mana belum tentu visanya gampang kan sponsornya harus melalui beberapa syarat, ya gitulah asbunnya orang)
aku seh cuman manggut2 aja, gag berani komen, biar dilakoni aja ndili, ntar malah dibilang sombong....

Sebagian besar jualannya mbak Sum, sayuran dia kebanyakan ditanam sendiri dikebunnya sendiri. Daun singkongnya mbak Sum ini udah nampe AD, beberapa kali dibawa oleh papanya waktu tahun lalu sering pulang ke Bntang buat ngurus pensiun dininya yang rada2 dipersulit ama perusahaan....
Alhamdulliah happy ending.

Mbak Lah ini, yang aku demen banget racikan bumbu pecelnya, enak banget hanya pedesnya mbak... kalau ndak pesan yang ndak pedes , dapetnya regular pedesnya...he he he
Juga bumbu pecelnya mbak Lah udah berangkat ke AD beberapa kali.

peyek jarang penduduk, buras dan pisang, nah 3 macam ini sering banet tersaji di meja jualan dipasar.
Kayaknya selain beken banget juga khas banget demenannya orang sini, pisang, peyek dan buras....

Pasar Atas ternyata udah ditutup, dulunya yang dipagar tertutup itu banyak yang jualan nangkring disini, berjualan disitu kayak mbak Mie yang peyeknya enak banget deh, sampai ke alm. mbak Jannah (eh aku ketemu suaminya lho dipompa bensin dan blio masih kenal ama aku ).
Terkenang juga ama alm mbak Jannah ini, dia tuh pinter bikin kue, kue2 sederhana harga murah tapi rasanya enak, sayang umurnya gak panjang.

Ini mbah bawel, aku musuhan udah lama banget ama dia, gara2nya kalau gak dibeliin malah ngomel, kalau beli dikasihnya dikiit banget padahal ditempat lain aku beli empon2an ini oke aja banyaknya....
Jadi males kalau pagi2 udah diomelin si mbah ini, makanya musuhan jadinya....he he he

Mbak Santi, aduh kalau yang ini mah aku speechless, baiknya bukan main, itu nanas se kresek tadinya mau dikasihkan saya semua, lha saya nginep di hotel pigimana ngupas dan makannya ?
Agak kecewa dia, tapi ya kudu terus terang ama dia, dan dia tuh selalu dari dulu kalau beli gak pernah hitungan, sampe bingung untungnya dia dari mana kalau kasih bonus banyak banget. Hanya gara2 pernah beberapa kali saya bantu dia waktu rumahnya kebakaran atau musibah2 lainnya,kok ujungnya saya jadi banjir sayur.
Mbak ini jualan sayur tapi belakangan agak kurang banyak sayurnya karena ngasuh bayi kecil yang sekarang tuh ada dipangkuannya, katanya kasihan yatim piatu jadi saya asuh aja... sungguh mulia hatimu mbak....

Si mbak yang jual pisang dan pepaya ini dulu sering juga aku beliin, pisangnya mayan bagus dan murah. Tapi kayaknya pasar ini lebih sepi yang jualan ya dari biasanya ?

Mbak ini aku gag tau namanya tapi pastine orang tator, tapi jualan seadanya gini tiap hari, jarang aku beli. Yang dijual kayaknya apa yang ada dikebunnya aja.

Sebelahnya mbak Sum yang jualan kue pasar dan beberapa macam lauk, dulunya sih gag ada, cuman lama2 banyak yang nyoba2 jualan ternyata laku akhirnya jadilah satu meja khusus makanan dan kue2.

Nah mbak Mar ini dengan anaknya Yestu sedang ngitung2 belanjaanku, anaknya ini baru aja lulus SMA entah sekolah terus atau bantuin ortunya aja, dia neh yang suka nganter2 belanjaan ibunya juga bantuin ngitung2.
Mayan juga kenangan dipasar Jongkok ini, langganan2 saya sewaktu masih catering dulu, gag kerasa waktu berjalan maju, gag bisa dimundurkan lagi, apa yang pernah terjadi saat itu jadi kenangan indah.
Dan ketika berkunjung kembali ke Bontang terasa bener kenangan memang banyak tersimpan disini, yang indah maupun yang ingin dilupakan.
Bontang nampaknya masih seperti yang dulu, konstan tak banyak berubah, baik komplexnya maupun penduduknya bergerak dalam garis lurus saja menanti hari.
Saat ini sudah banyak pegawainya yang berganti, juga banyak sudah yang meninggalkan tempat ini seperti kami untuk mencari pengalaman lain, ditempat yang semestinya lebih baik lagi.
Mudah2an saja dimasa akan datang akan banyak juga yang berani mencoba mencari pengalaman ditempat yang baru, agar perasaan hebat dikandang sendiri, macam katak dalam tempurung itu bisa teruji....

Back to : MUDIK 2006


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home